Dalam dunia kerja, istilah boss dan leader sering terdengar saat menyebutkan atasan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Banyak yang menganggap bahwa kedua istilah tersebut sama. Padahal, kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda dan mencolok.
Apa yang menjadi perbedaan di antara keduanya? Mari simak pengertian serta perbedaan boss dan leader dalam artikel Benefits berikut ini!
Baca juga: Kepuasan Kerja Karyawan, Apa Pentingnya?
Memiliki fungsi yang sama sebagai “pimpinan”, namun boss dan leader mempunyai karakter yang bertolak belakang.
Mengutip dari My Great Learning, boss adalah seseorang yang mengambil kendali atas karyawan dan memberikan perintah serta tugas kepada mereka. Dalam hal ini, boss merujuk pada seorang pemilik atau yang ditunjuk sebagai kepala organisasi, departemen, unit atau divisi. Boss juga berwenang mengendalikan dan mengawasi bawahan agar bekerja sesuai standar yang telah ditetapkan. Dan juga, seorang boss bisa menjadi supervisor, manajer, direktur, atau orang bekerja di level yang lebih tinggi.
Bagaimana dengan seorang leader?
Leader adalah individu yang tidak selalu terkait dengan posisi struktural, namun dapat memimpin orang lain dengan memberi contoh sehingga orang termotivasi dan mengikuti jejak atau arahannya. Selain itu, seorang leader memiliki visi dan komitmen yang kuat untuk mencapai tujuannya.
Nah sekarang, mari kita memperdalam lagi perbedaan boss dan leader.
Berikut ini adalah beberapa perbedaan boss dan leader yang lebih spesifik agar dapat membantu Anda membedakan kedua istilah tersebut.
Hal pertama yang membedakan antara boss dan leader adalah seorang boss berfokus pada hasil, sedangkan leader berfokus pada proses. Mengapa boss lebih peduli terhadap hasil? Karena produktivitas dan kinerja karyawan diukur dengan angka dan definisi sukses berdasarkan pencapaian target pekerjaannya dalam periode harian, mingguan atau bulanan.
Berbeda dengan pemimpin yang lebih fokus pada proses untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang. Para leader mendefinisikan pencapaian bukan dari angka melainkan dari usaha yang ditunjukkan untuk mencapai tujuan tersebut.
Memiliki posisi yang sangat tinggi, boss cenderung memerintah dan menyuruh stafnya melakukan pekerjaan. Seorang boss berada di belakang dan tidak mau terlibat dalam pekerjaan yang ia berikan. Dirinya hanya mendelegasikan tugas dan melakukan supervisi kepada karyawan.
Berbading terbalik dengan leader atau pemimpin, mereka bekerja dengan cara mengajak dan memotivasi anggota tim mereka. Seorang leader juga terlibat dalam pekerjaan dan memimpin untuk memberikan contoh kepada tim nya.
Perbedaan lainnya dari boss dan leader adalah seorang boss akan mengendalikan tim dengan membuat mereka takut dengan ancaman atau sanksi. Hal ini dilakukan supaya bawahan mereka tetap tunduk dan tidak melanggar perintahnya.
Sedangkan leader cenderung menyemangati tim dan menghargai setiap kontribusi dan peran yang timnya kerjakan. Seorang leader menginginkan setiap karyawan memiliki inisiatif yang selaras dengan nilai-nilai kelompok dalam mencapai tujuan bersama.
Seorang boss akan terus mempertahankan kekuasaan untuk mengatur dan mengendalikan karyawannya agar tetap mengikuti perintahnya. Dirinya memandang keberhasilan dilihat dari kedudukan dalam suatu organisasi.
Lain hal dengan leader yang ingin menginspirasi anggota tim dan mendorong mereka untuk menjadi pemimpin baru. Leader memandang diri mereka berhasil apabila telah menghasilkan pemimpin baru yang lebih sukses.
Seorang boss akan mengambil keputusannya sendiri dalam berbagai hal menyangkut pekerjaan dan menerapkannya pada bawahannya. Karyawan mereka tidak memiliki otonomi dan dituntut untuk mematuhi keputusan seorang boss.
Seorang leader menekankan pada partisipasi dan kolaborasi anggota tim dan mereka mempercayakan tanggung jawab untuk mengambil keputusan secara otonom untuk melatih kepercayaan diri dan kreativitas untuk memecahkan masalah.
Demikian pembahasan tentang perbedaan boss dan leader dari pengertian hingga karakter dan cara bekerjanya. Jika Anda seorang leader atau boss, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini untuk mendukung kepemimpinan Anda. Semoga dengan artikel diatas dapat membantu Anda untuk menjadi leader dan boss yang lebih baik lagi.
Baca juga: Employee Empowerment Meningkatkan Kinerja Karyawan !
Tinggalkan pinjaman dan bunga beresiko karena dengan Benefits by GreatDay HR tarik gaji dan pembayaran online dapat dilakukan dengan mudah kapan saja, dimana saja.